Menganal Proses Laminasi

tahukah anda apa yang dimaksud dengan laminasi? laminasi adalah proses membungkus suatu media dengan menggunakan plastik transparan. plastik yang digunakan berada di kedua sisi obyek membungkus seluruh permukaan obyek atau media. Sedangkan proses untuk membuat laminasi dinamakan proses laminating.

Kira-kira apa tujuan dari laminasi itu sendiri?

Biasanya laminasi digunakan pada bidang atau obyek yang berupa kertas, nah tujuannya agar kertas kita tidak rusak. Seperti kita tahu bahwa kertas sangat rentan kerusakan, apabila terkena air bisa hancur, terkena noda coklat atau tinta juga sulit sekali dihapus, jika dihapus pun akan meninggalkan jejak dan merusak kertas. Tingkat kelembaban dan cuaca juga mempengaruhi kualitas kertas, kertas yang dileakkan di tempat yang lembab akan lebih mudah berjamur, belum lagi hewan pemakan kertas yang mampu membuat kertas kita berlubang dan informasi di dalamnya tidak dapat digunakan lagi. Mengerikan bukan?? Jika memang kertas yang kita miliki tidak penting mungkin jika hancur pun tidak akan menjadi masalah, tapi bagaimana jika kertas itu adalah dokumen pribadi kita yang digunakan berkelanjutan seperti data diri, kartu identitas, ijazah dan lain-lain. Seperti yang kita ketahui, pengurusan untuk membuat dokumen penting diatas benar-benar ribet dan menyulitkan. Tentu kita tidak mau sampai terjadi demikian bukan?? Jadi apa yang harus kita lakukan terhadap dokumen-dokumen penting, selain kita harus menyipannya ditempat yang aman dan kering, untuk dokumen penting bermaterial kertas, kita harus melapisinya dengan plastic, sehingga membuat kertas didalamnya kedap udara, jadi meskipun disiram air pun kertas yang terlapisi dengan plastik tidak akan hancur, karena plastik memiliki kerapatan yang tinggi, anti air, mudah dibersihkan, tidak mudah rusak, tidak mudah dimakan hewan pengerat sehingga plastik bening dianggap mampu menjaga dokumen penting kita agar tidak rusak.

Cara kerja Laminasi

Agar dokumen penting kita tidak rusak, maka dibutuhkan proses laminasi yang sempurna. Apakah hanya sekedar membungkusnya dengan plastik, oh tidak semudah itu ternyata, karena jika kita hanya membungkusnya maka masih ada udara yang keluar masuk ke dalam kertas, sehingga air dan bahkan jamur dapat dengan mudah masuk ke dalam kertas dokumen kita. Sehingga dibutuhkan mesin laminasi untuk proses laminating dokumen. Bagaimana cara kerja mesin laminating ? Yuk simak

  1. Pastikan mesin laminasi menyala, ditunjukkan dengan adanya koneksi mesin laminasi dengan listrik.
  2. Tekan tombol on, untuk memanaskan mesin. Ini adalah proses yang amat penting. Karena dalam proses laminasi dibutuhkan suhu yang tinggi. Jika suhu yang digunakan kurang, maka akan mengurangi tingkat keberhasilan dari laminasi, akibatnya apa? Maka dokumen kita akan mudah berongga dan benda asing yang berupa air atau jamur dapat dengan mudah masuk. Berapa lama proses pemanasan mesin laminasi ini? Untuk proses pemanasan tergantung dari jenis dan merek dari mesin. Biasanya kurang lebih 10 menit mesin sudah bisa digunakan. Dan juga Biasanya terdapat indikator lampu, merah atau hijau yang menunjukkan bahwa mesin siap digunakan.
  3. Langkah ketiga adalah memasukkan dokumen kita kedalam plastik. Pastikan dokumen atau kertas tercover seluruhnya dengan plastik.
  4. Tekan tombol mulai /start. Sebelumnya kalian bisa memilih mode atau ecepatan dari mesin. Untuk mesin berkecepatan tinggi biasanya digunakan untuk jenis media yang tipis. Tapi jika media yang kita gunakan cukup tebal maka kita sebaiknya menggunakan mode atau kecepatan yang lambat. Agar dokumen tidak mudah rusak ketika proses laminasi selesai.
  5. Dinginkan kertas atau dokumen yang sudah dilaminasi. Karena proses laminasi tersebut menggunakan mesin yang bersuhu tinggi maka kita harus mendiamkannya terlebih dahulu, karena jika tidak akan melukai tangan kita sendiri dan hasilnya pun akan tidak terlalu memuaskan.
  6. Matikan mesin. Karena menggunakan suu tinggi, sangat tidak aman jika mesin dibiarkan menyala, terlebih jika kita memiliki anak atau balita dalam ruang kerja kita.

Mesin Laminating sendiri memiliki banyak jenis dan spesifikasi, mesin laminating A4 hanya mampu melaminasi maksimal kertas A4, sehingga untuk ukuran kertas yang lebih besar kita bisa menggunakan jenis mesin laminating A3.

sekian informasi tentang mesin laminasi, semoga bermanfaat dan dokumen kalian lebih terjaga