Berikut panduan untuk menjaga AC agar awet serta tahan lama.

Di negara tropis seperti Indonesia, kehadiran penyejuk udara seperti air conditioner atau AC sebagai salah satunya hal yang harus berada di rumah. Karena AC, kita tak perlu seringkali bermasalah dengan udara panas.

Karena terhitung barang electronic yang mahal, AC perlu dijaga dan dirawat secara baik agar tahan lama serta awet. Sayang ‘kan, bila AC cepat hancur dan Anda harus keluarkan dana tambahan untuk menukar AC itu?

Maka yok cari info bagaimana triknya jaga dan menjaga AC secara baik. Dikutip dari Selka Indonesia dan Mitsubishi, berikut panduan menjaga AC yang dapat Anda kerjakan secara mudah.

Samakan besar PK AC dengan luas ruang

Saat sebelum terlanjur beli AC, sebaiknya Anda mengecek besaran PK AC yang Anda bidik. Janganlah sampai besaran PK AC itu tidak pas dengan luas ruang yang hendak ditempatinya.

Masalahnya besaran PK akan memengaruhi performa AC. Bila Anda memakai AC dengan PK rendah pada ruang yang besar, ruang itu tidak sejuk dan justru akan memaksakan performa AC hingga cepat hancur. Di lain sisi, pemakaian AC dengan PK besar pada ruang kecil justru akan membuat boros listrik.

Janganlah lekas hidupkan AC pada suhu rendah

Saat udara sedang panas-panasnya, kemungkinan Anda tertarik untuk langsung menghidupkan AC dengan temperatur yang rendah. Walau sebenarnya, rutinitas ini bisa menghancurkan elemen dalam AC karena langsung dipaksakan bekerja terlalu berlebih.

Seharusnya, hidupkan AC pada temperatur yang standard, misalkan 25 derajat. Lantas, diamkan AC mendinginkan ruang dengan perlahan-lahan hingga tidak bekerja terlampau keras. Bila dirasakan kurang dingin, turunkan temperatur AC secara pelan-pelan, misalkan 1 atau 2 derajat lebih rendah setiap di turunkan.

Membersihkan filter dengan teratur

AC memakai filter atau saringan pada bagian dalamnya untuk memfilter debu dan partikel lembut yang berada di udara, hingga udara yang diembuskan ke ruang lebih bersih. Nach, debu yang menimbun dalam filter ini dapat menghalangi performa AC, hingga mengakibatkan ruang tidak dingin. Bila ruang tidak dingin, AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruang hingga bisa menghancurkan elemen didalamnya . Maka, lakukan untuk bersihkan filter AC dengan teratur.

Service secara periodik

AC sebagai barang electronic dengan elemen yang cukup sulit . Maka, Anda perlu panggil tukang service professional untuk memeriksa dan membenahi keadaan AC dengan teratur, misalkan membersihkan AC atau ketika Freon AC Bocor Lakukan service secara periodik bisa menolong jaga keadaan AC Anda masih tetap sempurna dan terbebas dari beberapa masalah tertentu yang bisa menghalangi performa AC.

Matikan AC bila tidak dibutuhkan

Panduan paling akhir ini terlihat sepele, tetapi baik dalam jaga keawetan AC dalam periode panjang. Masalahnya mematikan AC saat tidak dipakai bisa menolong istirahatkan beberapa komponen dalam AC untuk saat ini, hingga performanya bisa terbangun.

Disamping itu, mematikan AC saat tidak dibutuhkan dapat menolong mengirit konsumsi listrik di dalam rumah. Anda juga tak perlu cemas dengan ongkos listrik yang membesar. Itu beberapa panduan yang dapat Anda kerjakan untuk jaga AC supaya tahan lama serta awet. Bagaimana, tips-nya lumayan gampang, kan? Selamat mengaplikasikan!